Breaking News
Tulis & Tekan Enter
Logo

Deskripsi Prodi

Program Studi D-3 Akuntansi Universitas Fajar yang telah terakreditasi B dari BAN-PT merupakan jalur pada tingkat diploma tiga (ahli madya) dengan level 5 dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sesuai dengan penjenjangannya, maka tenaga ahli madya diharapkan mampu menjadi penyelia (supervisor). Penyelia adalah tingkat kepemimpinan yang berada di tingkat madya, di antara para atasan perancang kebijakan dan para pegawai pelaksana langkah-langkah kebiasaan di lapangan.

Seorang penyelia tidak boleh merancang kebijakan yang bersifat strategis, tetapi hanya boleh menerjemahkan dan menyampaikan kebijakan tersebut kepada para bawahan untuk dikerjakan dengan berhasil guna (effective) dan mampu menghasilkan (productive). Kegunaan kerja yang berada di antara itu mempertegas tugas utama seorang penyelia untuk melakukan penyeliaan (supervisi) terhadap para pegawai pelaksana langkah-langkah kebiasaan kegiatan perusahaan sehari-hari.

Seorang penyelia dituntut memiliki kemampuan yang bermutu tinggi dan mencakup keterampilan membina hubungan baik di antara atasan dan bawahan, keterampilan terhadap kegunaan dan peran kerja agar mampu bekerja dengan baik, berdaya cipta (creative), berhasil guna, bermutu, mampu menghasilkan (productive), berdaya guna (efficient), berturut kerja (synergetic), dan cerdas melakukan penyeliaan terhadap bawahan, keterampilan kecerdasan jiwa batiniah (emotional intelligence), serta pola pikir yang membina watak baik.

Guna menghasilkan lulusan tersebut, program studi D-3 Akuntansi menyediakan tenaga pendidik yang berasal dari dunia industri dan berkompeten di bidangnya. Hal ini dilakukan guna memberikan pengetahuan dan gambaran kerja yang lebih komprehensif. Kurikulum yang ditawarkan pun sejalan dengan kebutuhan industri. Fokus diarahkan pada sisi kompetensi mahasiswa yang digunakan dalam proses pengembangan dalam dunia kerja, baik itu dalam sektor swasta, publik, bisnis, maupun entrepreneur.

Tujuan pendirian Program Studi D-3 Akuntansi adalah menghasilkan tenaga akuntansi setingkat ahli madya yang profesional, berkualitas, memiliki kompetensi utama bidang akuntansi, dan berjiwa kewirausahaan guna memenuhi permintaan dunia usaha baik yang berskala lokal maupun nasional. Selain itu, penelitian terapan dalam bidang akuntansi yang mampu memberikan kontribusi ilmiah terhadap perkembangan ilmu akuntansi terapan juga menjadi tujuan dari pendirian prodi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang memiliki nilai tambah bagi masyarakat dan dunia usaha, serta implementasi tata pengelolaan program studi baik untuk menunjang tercapainya proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas pun masuk dalam tujuan Program Studi D-3 Akuntansi, Universitas Fajar.